Minggu, 25 Oktober 2015

Tak Hanya Pesawat, Kereta Api Juga Punya BlackBox!

JAKARTA - Tidak hanya pesawat saja yang memiliki teknologi untuk memonitor lokasi dan menyelidiki apa saja yang terjadi di dalamnnya penerbangan dengan menggunakan blackbox, kereta pun memilikinya. Teknologi tersebut disebut dengan KA Tracking.

Dijelaskan oleh Arief Setiawan, VP Enterprise Resource Planning, PT KAI Persero, perusahaan membuat sistem yang dinamakan dengan KA Tracking untuk memonitor keberadaan kereta api secara realtime. Aplikasi yang digunakan dinamakan Loko Track.

Dikatakan Arief, KAI telah memasang setiap lokomotif dengan GPS, sehingga memonitor keberadaanya dimanapun dan kapanpun.

"Aplikasi itu dibuat sendiri oleh PT KAI yang memiliki fungsi untuk memonitor keberadaan kereta api secara real time menggunakan GPS," ucap Arief.

Tiap kali terjadi sesuatu, misalnya kecelakaan yang terjadi di stasiun Juanda beberapa waktu lalu, kita bisa mengambil datanya secara real time. Antara lain mengetahui berapa kecepatan yang digunakan, posisinya dimana dan lainnya.

"Ini konsepnya hampir sama dengan blackbox yang ada di pesawat. Hanya bedanya blackbox digunakan secara offline sehingga data-datanya baru bisa diambil ketika telah terjadi sesuatu (tidak real time)," ucap Arief lagi.


Sumber >>
http://m.okezone.com/read/2015/10/23/207/1236738/tak-hanya-pesawat-kereta-juga-punya-blackbox?utm_source=techno_bt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar